Tuesday, November 16, 2010

Kuliner Mie di Daerah Bandung

T13/OJ/2010
Editha Apriyanti
210110090237

            Sudah tidak diragukan lagi Bandung pantas disebut sebagai surga makanan. Segala jenis makanan tersedia di Bandung. Penikmatnya pun bukan hanya dari Bandung saja, namun dari kota-kota di sekitarnya, seperti Jakarta, Bogor, dan lain-lain. Salah satu makanan yang akrab di lidah kita orang Indonesia adalah mie, begitu juga di Bandung.
            Salah satu restoran mie di Bandung adalah Kedai Mie Dago. Lokasinya dapat dikatakan cukup stragtegis, karena berada di tengah tempat-tempat perkuliahan di daerah Bandung. Waktu buka Kedai Mie Dago ini mulai dari jam 11.00 WIB sampai 23.00 WIB. Tempat yang cukup nyaman dan sejuk merupakan salah satu keunggulan dari Kedai Mie Dago. Settingan dan tata letak propertinya membuat kita relax dan santai untuk duduk-duduk dan menikmati suasana sambil menikmati makanan dan mengobrol atau hanya sekedar nongkrong. Lebih enak mengunjungi tempat ini saat malam hari, karena ada tempat duduk outdoornya, jadi selain bisa menimati udara yang sejuk kita bisa sekalian menikmati suasana Jl. Dago di saat malam hari.
Makanan dan minuman yang ada di sini cukup bervariasi. Menu-menu utamanya adalah mie. Dan, kebanyakan diantara menu-menunya adalah Chinese Food. Dari Berbagai macam menu yang ada,beberapa contoh menunya adalah Mie Ayam Istimewa, Mie Goreng, Kwetiaw Goreng, Nasi Goreng, Capcay, Batagor, Siomay, Pangsit Goreng, Fu Yung Hai, I Fu Mie, Ayam Goreng, Es Campur Dago dan lain-lain. Harga-harga makanan dan minuman dikedai ini juga cukup murah. Kisaran harganya mulai dari sekitar 8.000 rupiah hingga 20.000 rupiah. Jadi untuk kantong mahasiswa, harga-harga makanan dan minumannya masih terjangkau. Tidak heran jika banyak mahasiswa-mahasiswa yang datang berkunjung kesini. Keunggulan yang lainnya dari Kedai
Mie Dago ini adalah resep dan semua bahan-bahan masakan yang digunakan untuk hidangan serta bumbu-bumbunya dibuat sendiri. Jadi, mie yang disuguhkan terasa fresh dan nikmat. Dari berbagai macam mie, salah satu menu mie yang menarik di Kedai Mie Dago adalah Mie Ayam Bakso Yamin. Mie yamin yang ditawarkan oleh kedai ini terdiri dari beberapa jenis yaitu, mie yamin asin, mie yamin biasa atau manis. Jadi, kita bisa memilih rasa yang sesuai dengan selera lidah kita.
Selain kedai mie dago, kafe tenda Madtari pun bisa menjadi salah satu referensi wisata kuliner Anda. Kafe tenda yang satu ini berlokasi di Jalan Dipatiukur nomor 6 Bandung. Di sini lidah anda akan dimanjakan dengan berbagai menu dengan berbahan dasar mie instan. Terlebih, letak lokasi kafe pun bisa dibilang cukup strategis. Menggandeng Kraft sebagai brand sponsorship, cafe Madtari memiliki ciri khas banyak keju di tiap menunya. Seperti keju yang memenuhi hingga menutupi mie di menu mie goreng telor keju. Sebenarnya mienya hanya mie instan biasa, tetapi kreatifitas membuat mie goreng ini tampil istimewa. Dibuatnya pun sangat mudah dan sederhana. Semangkuk mie instan yang telah masak ditambahkan toping-toping lainnya seperti telur goreng, kornet, sosis, dan keju. Bahan-bahan inilah yang memberikan rasa yang khas dalam mie instan yang dibuatnya.
Kafe tenda ini biasa dipenuhi para pengunjung pada malam hari, terutama pada malam minggu. “Tempatnya santai buat anak muda, jadi bikin nyaman buat kumpul sama temen-temen”, ungkap Bimanto Nur Rachman, salah satu pengunjung di kafe Madtari. Menurut Bima, harga di Madtari juga terjangkau, khususnya untuk para pelajar dan mahasiswa, yang merupakan golongan yang paling dominan menjadi pengunjung di tempat ini.

Narasumber:
Nama: Bimanto Nur Rachman
TTL: 8 Juni 1991

No comments:

Post a Comment