Tuesday, November 16, 2010

Setitik Cita Rasa Palembang di Bandung Barat

T13/OJ/2010
Nadhira Rizki
210110090329

     Siapa sih yang tidak kenal pempek? Makanan khas Palembang yang berbahan dasar ikan tenggiri atau ikan gabus dan tepung kanji ini begitu banyak peminatnya. Termasuk saya, heheh. Bertanyalah saya pada ibu saya yang memang ratunya kuliner. Beliau menyarankan saya pergi ke daerah Pajajaran, tepatnya di sepanjang Jalan Rama yang memang terkenal dengan pempeknya.
     Ternyata benar, di sana berjejer tempat makan-tempat makan yang khusus menyediakan masakan khas Palembang. Saya pun menghampiri salah satu kedai pempek, "Anugerah", namanya. Begitu masuk, saya kurang mendapat kesan bersih dan nyaman. Ruangannya tidak terlalu besar, dindingnya dipenuhi dengan menu dan hiasan. Untungnya saya datang pagi-pagi, jadi pengunjung yang datang belum terlalu banyak. Belum lagi ketika saya melihat daftar harga. Mahal sekali! Pempek jenis apa saja dihargai 3500 perak perpotong. Sedangkan pempek jenis kapal selam yang ukurannya paling besar, dihargai 10000 perak.
     Namun kekurangnyamanan saya tadi hilang seketika saat pesanan saya datang. Dua potong pempek keriting, ditambah sepotong pempek kapal selam ukuran kecil, dan sepotong bakso tahu. Disajikan masih hangat, dengan bihun, taburan ebi dan potongan mentimun. Di sini, cuka pempeknya sudah disediakan sebotol penuh di setiap meja, agar penunjung bisa menakar sendiri cukanya.Kalau hanya dilihat saja, sih, terlihat biasa-biasa saja, sama seperti pempek-pempek lain di emperan. Pempek seceng, begitu istilah teman saya. Tapi begitu gigitan pertama masuk ke mulut saya, amboooy!
Pertama kali mendirikan usaha ini di Palembang, pada usia 32 tahun.
     Cuka pempek tadi rasanya tidak terlalu kental juga tidak terlalu cair. Ebinya juga enak, menambah citarasa gurih pada kuahnya. Tapi yang utama, pempeknya itu, lho! Empuk, gurih, ikannya juga sangat terasa di lidah. Jauh sekali dari rasa pempek seceng yang biasa saya beli.
     Pak Sofjan Utama, pemilik kedai ini mengakui ikan tenggiri yang ia gunakan terjamin kualitasnya. Jumlah ikan yang ia masukkan dalam adonan pun cukup untuk membuat rasa ikan tadi terasa. Kedai yang ia buka pada tahun 2000-an ini sudah memiliki banyak pelanggan tetap. Yang menjadi ciri khas kedai "Anugerah" ini justru bukan pempek, melainkan martabak kari Palembang. Selain martabak, kedai ini juga menyediakan es kacang merah, mie celor, dan lain-lain.
     Kedai pempek "Anugerah" terletak di Jl. Rama No. 36 Bandung. Alamat kedai ini sempat dimuat di surat kabar Tribun Jabar edisi Senin, 19 April 2010, dalam artikel bertajuk "Sajian Aneka Pempek". Dulunya kedai yang merupakan usaha keluarga ini beroperasi di Palembang, tempat kelahiran Bapak Sofjan. Namun, karena ketatnya persaingan serta ikan gabus yang makin sulit didapatkan, di tahun ke-5 usaha tersebut berjalan mereka memulai dari awal lagi di Bandung.
     Bagi para pecinta pempek, saya benar-benar menjamin pempek di kedai ini akan memenuhi hasrat Anda terhadap makanan kesukaan Anda tersebut. Harga yang sedikit mahal, namun dengan rasa yang terjamin, tentu tidak akan membuat Anda menyesal.

Narasumber  : Sofjan Utama
Alamat          : Jl. Rama No. 36 Bandung
Telepon        : (022) 6014232

No comments:

Post a Comment