Tuesday, November 16, 2010

Masakan Sunda Sama Dengan Produk Apple

T13/OJ/2010
Adhie Fahmi
210110090321


"Emmm, enaak.." begitulah kalimat pertama yang keluar ketika menikmati hidangan sunda yang ada di foto di atas. Nasi pulen hangat, ditambah tempe juga beberapa lalab dicocol ke sambel terasi, jadi kombinasi yang "maknyus" untuk dinikmati siang-siang atau pun ketika sore-sore.
Saat itu saya baru selesai berolahraga futsal. Lelah yang menghampiri juga rasa lapar yang melanda membuat saya lahap tatkala menikmati hidangan sunda tersebut. Adalah Santi herlina yang membuatnya, Kakak saya yang satu ini memang sangat mencintai masakan sunda. "Masakan sunda itu cerminan budaya kita,loh, jadi harus sering makan makanan sunda, biar kita jadi lebih 'sunda'", begitu jelas wanita yang juga mencintai budaya sunda ini.

Cara pembuatannya mudah. Lihat saja sederhananya hidangan sunda yang disediakan, hanya ada tempe, sambal dan beberapa lalab seperti daun-daunan dan lenca. Lalu apa yang membuat hidangan itu begitu nikmat? "Hidangannnya memang sederhana, bisa dibilang ini masakan orang miskin. Yang bikin enak itu ketepatan waktu makan dan kesederhanaannya itu" jawab Ibu satu anak itu. Masakan sunda tidak pernah 'minder' dengan masakan lain yang mewah-mewah. Ada masakan italia misalnya, yang begitu sarat dengan pasta atau spagheti. Lalu apa yang membuat orang-orang lebih menyukai masakan sunda daripada masakan mewah itali itu? Ibu yang kini berumur 36 tahun ini menjelaskan jika masakan sunda itu seperti produk-produk elektronik karya Apple. "Masakan sunda itu seperti merk-merk Apple, masakan sunda sudah punya penyuka khusus masakan sunda. Lihat aja, di Itali pasti ada masakan Sunda" Tungkasnya pada saya.

Masakan sunda, masakan padang, atau masakan-masakan khas Indonesia lainnya adalah kekayaan Indonesia di bidang kuliner yang patut kita hargai. salah satu penghargaannya adalah dengan menyukai kuliner-kuliner Indonesia. Nah, apakah Anda ingin mencoba masakan sunda ala Kakak saya ini? datanglah ke rumah kakak saya di kawasan Cijagra, Buah Batu. Kami tunggu ya !

Narasumber : Santi Herlina
Tempat tanggal lahir : 2 Desember 1974
Nomor Handphone : 0817107977

No comments:

Post a Comment